Senin, 08 Juni 2015

Apa itu Tarhib Ramadhan?

Assalamualaykum, wr. wb

Sebentar lagi, Ramadhan di Sekolah a.k.a RdS akan mempunyai acara Tarhib Ramadhan! Wah, sudah tidak sabar, kan? Tapi, tunggu dulu. Ikut serta dalam kegiatan Tarhib Ramadhan, tapi tidak tahu Tarhib Ramadhan itu apa? Wah, jangan sampai, deh! Mendingan kamu pahami dulu pengertian dari Tarhib Ramadhan ini.

Kata "Tarhib" berasal dari akar kata yang sama yang membentuk kata "Marhaban". Masih ingat, kan, Marhaban artinya apa? Yap, marhaban artinya selamat datang atau welcome.
Maka, Tarhib Ramadhan berarti Selamat Datang Ramadhan atau Welcome Ramadhan
Meskipun hanya ucapan selamat datang, jangan hanya menganggap ini sepele, lho. Untuk mempersiapkan datangnya bulan Ramadhan, sudah tentu, dong, seorang muslim perlu membangun sikap positif dalam menyambut kedatangan bulan yang sangat istimewa ini! Ups, kenapa, ya, istimewa? Masih ingat, kan, apa keistimewaan bulan Ramadhan? 

Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA, katanya: Rasulullah shollallahu ’alaih wa sallam bersabda: "Apabila tiba bulan Ramadan, dibuka pintu-pintu Syurga dan ditutup pintu-pintu Neraka serta syaitan-syaitan dibelenggu." (HR Muslim 1793)

Bahkan, berdasarkan sebuah hadits, Nabi Muhammad SAW biasanya sejak dua bulan sebelum datang Ramadhan sudah mengajukan doa kepada Allah SWT dalam rangka Tarhib Ramadhan atau welcoming Ramadhan. 

Nabi Muhammad SAW apabila memasuki bulan Rajab berdoa: "Ya Allah, berkahilah kami di bulan Rajab dan Sya’ban dan berkahilah kami di bulan Ramadhan." (HR Ahmad 2228)

Rajab, Sya'ban dan Ramadhan merupakan bulan ketujuh, kedelapan dan kesembilan dari sistem kalender Hijriyah Ummat Islam. Hadits di atas seolah mengisyaratkan bahwa Rasulullah SAW mempunyai kebiasaan menyambut kedatangan Ramadhan bahkan dua bulan sebelum ia tiba. 

Hayo, bagaimana dengan kalian? Sudahkah mempersiapkan Ramadhan dengan baik? Makanya, simak terus karena agenda-agenda kegiatan RdS akan diinformasikan di blog ini!

Matur nuwun..
Wassalamualaykum, wr. wb.

Tidak ada komentar: